Peranan Komputer Dalam pembelajaran
Ada dua model pembelajaran yang menggunakan computer
· CAI yaitu “Computer Assited Instruction”
· CMI yaitu” Coputer Manageg Instruction”
Ada empat kelas besar yang biasa digunakan oleh pendidik dalam menggunakan aplikasi komputer, yaitu:
§ Komputer sebagai objek pembelajaran
§ Komputer sebagai alat
§ Komputer sebagai media pembelajaran
§ Komputer mengasah Logical Thinking
Literasi TIK dan Literasi Komputer
Literasi TIK / ICT Literacy adalah kemampuan untuk menyaring dan menganalisis pesan yang menginformasikan, menghibur dan menjual kepada kita setiap hari. Sedangkan Literatur Komputer / Computer Literate merupakan pengetahuan dan kemampuan untuk menggunakan komputer sebagai teknologi efisien.
Pengaruh Teori Belajar Dalam Pengembangan Software Pembelajaran
Dalam pembuatan suatu software pembelajaran, seorang pendidik harus mendesain produk pembelajarannya disesuaikan dengan Teori-teori belajar yang ada. Karena pesan yang disampaikan melalui software tersebut tidak akan terserap dengan baik jika software pembelajaran dibuat tanpa disesuaikan dengan teori belajar.
Pertanyaan:
1. Mengapa teori neobehavioristik banyak dikembangkan untuk software pembelajaran..?
2. Apa hubungan antara Komputer & Media Pembelajaran..?
3. Mengapa hanya neobehaviorisme yang banyak digunakan, bagaimana dengan teori yg lain untuk pengembangan software..?
4. Apa maksud dari “Logical Thinking”..? dansebutkan contohnya..!
5. Bagaimana cara mengatasi masalah kurangnya kemampuan mengoperasikan computer..?
6. Bagaimana mengatasi masalah biaya yg mahal untuk menggunakan computer..?
7. Apa kesimpulan kelompok mengenai Peran Komputer dalam Pengembangan Media Pembelajaran..?
Jawaban:
1. Selain karena memang lebih mudah untuk menerapkan teori ini dalam mengembangkan software proses Evaluasi untuk teori ini akan lebih mudah.
2. Komputer dapat memudahkan seorang pendidik untuk memproduksi suatu media yang berbentuk multimedia.
3. Pembuatan software dengan menggunakan teori lain akan lebih sulit. Karena perlu adanya interaksi anatara sang pengguna dengan orang yang membuat software. Teori lain mungkin bisa diterapkan hanya jika pengguna dan pembuat software terhubung melalui internet.
4. Komputer dapat melatih Logical thinking atau pola pikir logis siswa. Contohnya dengan memahami bahasa-bahasa pemrograman dapat mengasah pola pikir logis seorang pengguna.
5. Yaitu dengan melakukan pendidikan literasi TIK dan Komputer untuk masyarakat, yang sekarang ini sedang gencar dilakukan oleh berbagai pihak untuk meningkatakn SDM masyarakat indonesia.
6. Untuk masalah biaya yang mahal untuk mengakses teknologi komputer, perlu adanya campur tangan pemerintah maupun organisasi sosial untuk membantu masyarakat dalam mengakses teknologi ini.
7. Komputer adalah teknologi yang dapat membantu seorang pendidik untuk membuat berbagai media. Khususnya yang berbentuk multimedia sehingga dapat meningkatkan kemampuan siswa.
0 komentar:
Posting Komentar