Followers

Diskusi kelompok 6 MEDIA AUDIO (Selasa, 11 Mei 2010)

Terdapat 9 proses dalam menggunakan media audio dalam pembelajaran.

1. Proses hearing – listening
Yaitu proses gelombang masuk ke telinga luar dipancarkan ke gendang telinga.
Faktor penghambat :
  • Volume suara terlalu rendah atau terlalu tinggi.
  • Suara yang monoton seperti suara guru yang bergumam, menyebabkan keletihan pendengar.
  • Kemampuan siswa mendengar mungkin secara fisik mengalami kerusakan.
2. Mengembangkan kemempuan mendengar.
Dalam Mengembangkan kemempuan mendengar menggunakan beberapa teknik.
  • Menuntun mereka mendengar.
  • Memberi petunjuk.
  • Minta siswa untuk mendengar ide pokok, rincian atau kesimpulan.
  • Menggunakanunakan konteks.
  • Analisa struktur dari penyajian.
  • Membedakan antara informasi relevan dan tidak relevan.
3. Mengenal format audio.
Antara lain :
  • Audiotape
  • Phonograph
  • Compact disc
  • MP3/WAVE File Format
4. Mengenal audio card.
Audio card berukuran kira-kira mendekati amplop bisnis. Terdiri dari pita perekam magnetic di sisi bawahnya. Secara esensial merupakan flashcard tetapi dilengkapi suara.

5. Penerapan.
Dalam penerapan terdapat 2 tahap.
  1. Memproduksi bahan-bahan pada kaset
  2. Audio Teknik
6. Pemilihan material audio.
Memilih materi audio apa yang akan digunakan. Setelah itu, sebelum disajikan materi audio sebaiknya di tinjau sebelum digunakan oleh siswa.

7. Pemanfaatan material audio.
  1. Peninjauan materi
  2. Menyiapkan materi
  3. Menyiapkan tempat
  4. Menyiapkan pendengar
  5. Menyediakan pengalaman mendengar
  6. Evaluasi dan revisi
8. Langkah-langkah penggunaan media audio.
  • Persiapan
  • Pelaksanaan
  • Tindak Lanjut
9. Menggunakan file audio pada multimedia.
Untuk meningkatkan multimedia file seperti PowerPoint atau Hypo-studio adalah menambahkan file audio. Menggunakan audio dalam presentasi multimedia dapat meningkatkan pemahaman atau untuk fokus dari topik yang disajikan.





Pertanyaan :
  1. Apakah pemanfaatan media audio di nilai efektif dalam proses pembelajaran ?
  2. Bandingkan niali pemanfaatan media audio dengan media visual ?
  3. Bagaimana perkembangan media audio sekarang ini ?

Jawaban :
  1. Pemanfaatan media audio di nilai efektif dalam pembelajaran tergantung sifat dari si belajar itu sendiri, karena ada siswa yang bisa memahami dengan audio (mendengar)dan ada siswa yang bersifat visual (melihat).
  2. Pemanfaatan media audio tergantung dari karakteristik siswa itu sendiri, ada siswa yang bersifat audio karena indera pendengarannya cukup baik dan ada siswa yang bersifat visual apabila ia melihat dapat menangkap informasi yang dilihatnya.
  3. Perkembangan media audio pada zaman dahulu masih menggunakan alat kaset pita yang digunakan dengan Tape radio, sedangkan pada zaman sekarang sudah menggunakan format mp3, wav, dll. yang sangat mudah untuk dibuat dan diedit menggunakan komputer berbeda dengan kaset pita yang sangat rumit membuatnya dan mengeditnya.
Kesimpulan
Pengguna media dalam pembelajaran harus disesuaikan dengan karakteristik sibelajar dan gaya belajarnya (learning style) dll. jadi penggunaan media harus sesuai karena ada siswa yang bersifat audio (mendengar) untuk dapat memahami suatu pelajaran, ada yang bersifat visual (melihat) untuk dapat menangkap materi yang dipelajarinya, dll. Penggunaan format multimedia (penggabungan) media yang tepat untuk diterapkan dalam suatu pembelajaran karena format tersebut dapat digunakan oleh sibelajar yang memiliki karakteristik berbeda-beda.
Category: 0 komentar

0 komentar:

Posting Komentar