Followers

Multimedia (kelompok 5)

Multimedia
Multimedia adalah penggunaan komputer untuk menyajikan dan menggabungkan teks, suara, gambar, animasi dan video dengan alat bantu (tool) dan koneksi (link) sehingga pengguna dapat bernavigasi, berinteraksi, berkarya dan berkomunikasi. Manfaat multimedia di dalam pendidikan, multimedia digunakan sebagai media pengajaran, baik dalam kelas maupun secara sendiri-sendiri. Di dalam bisnis, multimedia digunakan sebagai media profil perusahaan, profil produk, bahkan sebagai media kios informasi dan pelatihan dalam sistem e-learning.

Multimedia kits
Adalah kumpulan pengajaran / bahan pembelajaran yang melibatkan lebih dari satu jenis media dan diorganisir sekitar topik tunggal. Tujuan multimedia kit yaitu. 1 Memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengamati, menyentuh, dan bereksperimen. 2 Menjadikan peserta didik untuk berperan lebih interaktif dalam pembelajaran. Multimedia kits memiliki beberapa keunggulan yaitu membangkitkan minat, merangsang kerja kelompok proyek kecil. peran, atau jenis lain dari praktek, dan memiliki keunggulan logistik jelas.

Hypermedia
Hypermedia digunakan sebagai perpanjangan logis dari istilah hypertext di mana grafik, audio, video, teks biasa dan hyperlink jalin-menjalin untuk menciptakan media non-linear dengan istilah yang lebih luas multimedia , yang dapat digunakan untuk menggambarkan presentasi interaktif serta hypermedia.

Interaktif Media
Interaktif media biasanya mengacu pada produk dan layanan pada sistem berbasis komputer digital yang menanggapi tindakan pengguna dengan menampilkan konten seperti teks, grafis, animasi, video, audio, dll.

Virtual Media
Virtual Media adalah teknologi yang membuat pengguna dapat berinteraksi dengan suatu lingkungan yang disimulasikan oleh komputer, suatu lingkungan yang ditiru atau lingkungan yang hanya ada dalam imajinasi.




Pertanyaan :
  1. Apakah multimedia dapat mempengaruhi dalam pendididkan ?
  2. Bagaimana posisi multimedia pada dunia pendidikan saat ini ?
  3. Jelaskan jenis-jenis multimedia, hypermedia, dan virtual media ?
Jawaban :
  1. Multimedia dapat mempengaruhi dalam pendidikan seperti, proses belajar mengajar dapat lebih efektif dan efisien, siswa bias lebih interaktif dalam pembelajaran, multimedia dapat memotivasi siswa dalam belajar.
  2. Posisi multimedia dalam dunia pendidikan tergantung dari sekolah menggunakan multimedia tersebut dalam proses pembelajaran.
  3. Jenis multimedia yang sering digunakan dalam proses pembelajaran seperti, powepoint yang dapat mengabungkan dari macam-macam format text, gambar, audio, dan video yang disebut dengan format multimedia. Jenis hypermedia yang digunakan dalam proses pembelajaran seperti, media powerpoint yang menggunakan hyperlink dalam sebuah produknya untuk menampilkan kebeberapa format media (multimedia). Jenis virtual media yang digunakan dalam proses pembelajaran seperti, e-learning yang menggunakan prinsip dunia maya yang seolah-olah seperti pembelajaran yang sesungguhnya antara pendidik kepada peserta didik melalui dunia maya.
Category: 0 komentar

0 komentar:

Posting Komentar